Perubahan Setelah Melakukan Senam Hamil

1. Hormon Tubuh akan mengalami banyak perubahan hormonal diantaranyaadalah hormone relaxin, esterogen, progesterone (Judy Difiore, 2009).

  • Hormon relaxinMelembutkan jaringan penghubung pada persendian dan otot yangmembantu panggul untuk melebar saat proses persalinan danmembantu peregangan otot perut dan otot – otot dasar panggul.
  • Hormone esterogenHormone pertumbuhan ini menyebabkan ukuran payudarabertambah besar, memperbesar ukuran dan kekuatan jantung, dan juga membuat tubuh cenderung menahan air. Senam hamil akanmeningkatkan konsentrasi esterogen dan perfusi miometrium (ototuterus). Hal ini akan menyebabkan peningkatan hormone oksitosindan prostaglandin yang pada akhirnya kualitas uterus adekuat.

2.Hormone progesteroneMembuat dinding – dinding pembuluh darah menjadi   relakssehingga bisa menampung peningkatan volume darah, itu juga                         akanmenaikkan suhu tubuh (Judy Difiore, 2009). Hormon progesterone juga       akan meningkatkan dan memperbaiki system peredaran darahkhususnya ke         otot sehingga meningkatkan kekuatan dan tonus otot,selain itu juga akan                 meningkatkan sirkulasi darah ke uteroplacentasehingga memperbaiki                       pertumbuhan otot uterus dan perkembangan janin. Pertumbuhan otot – otot       uterus yang optimal akanmenyebabkan kontraksi uterus lebih optimal dan terkoordinasi disaat persalinan (Muhimah, 2010).Melakukan senam hamil     dapat memutus siklus ketegangan dankecemasan fisik dan psikis ibu hamil. Hal ini berawal dari adanyapikiran – pikiran saat mendekati proses persalinan

akan menigkatkan kerja system saraf simpatik. Dalam situasi ini                               systemendokrin terdiri dari kelenjar – kelenjar seperti adrenal, tiroid                 danpituitary (pusat pengendalian kelenjar) akan melepaskanpengeluaran         hormone masing – masing ke aliran darah dan rangka,untuk mempersiapkan   badan pada situasi darurat. Akibatnyasystem saraf otonom mengaktifkan         kelenjar adrenal yangmempengaruhi system pada hormone epinefrin.                   Adanyapeningkatan hormone adrenalin dan noreadrenalin atau epinephrine   dan norepinephrine yang berlebih di dalam tubuh akanmenimbulkan                   disregulasi biokimia tubuh, sehingga munculketegangan fisik dan psikologi       ibu hamil. Otot perutOtot – otot ini akan menopang rahim yang semakin besar dan akanmembantu untuk mendorong bayi keluar selama tahap keduapersalinan. Otot – otot ini juga membuat perut tertarik ke dalamsehingga dapat menggerakkan batang tubuh ke berbagai arah,menopang punggung bawah dan organ – organ dalam perut danmemperkuat tubuh (Judy Difiore, 2009).

3.Otot dasar panggulDi bawah pengaruh hormone relaxin dan naiknya BB bayi, otot – ototdasar panggul melemah dan meregang. Mungkin ini akanmenyebabkan otot lingkar melebar dan kurang efektif menahantekanan dari dalam, menyebabkan adanya sedikit kebocoran urineketika batuk, bersin, tertawa (stress inkontinensia). Latihan otot dasarpanggul ini dapat dilakukan untuk membantu mencegah ataumeringankan masalah ini (Judy Difiore, 2009).

4.Menyempurnakan postur kehamilanPada tahap ini postur mulai berubah secara drastis dikarenakan besarbadan bayi akan membuat panggul condong ke depan dan ketika bayiterus bertumbuh maka otot –otot perut akan meregang. Hal ini akanmemiliki kecenderungan alami untuk mengkompensasikan bebandepan yang makin bertambah dengan agak menarik badan kebelakang, tetapi ini dapat memberikan tekanan pada tulang belakangbagian bawahdan mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan dansakit yang cukup terasa pada punggung (Judy Difiore, 2009).Payudara yang semakin berat akan membebani punggung atas danmembuat berdiri dengan membungkuk. Ini dapat memberikan bebanyang berlebihan pada punggung atas dan mempersempit ruang padatulang rusuk sehingga membuat nafas jadi lebih sulit (Judy Difiore,2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: